Belakangan ini, tampat-tempat nyaman yang asik untuk menghabiskan
waktu banyak menjadi incaran para remaja ataupun orang dewasa. Selain
tempat, hal lain yang menentukan ketertarikan seseorang adalah
keberadaan wifi. Seseorang akan betah untuk berlama-lama
di suatu tempat yang nyaman, tenang dan memiliki sajian yang enak serta
memungkinkan mereka untuk berlama-lama mengakeses internet dalam waktu
yang lama. Untuk memulai sebuah usaha diperlukan adanya perencanaan yang
matang, berikut adalah perencanaan yang saya buat beserta estimasi
biaya yang dibutuhkan:
● Modal dan Hasil
Untuk awal
usaha ini, saya akan memilih ruko yang disewakan di sekitar Jakarta.
Selanjutnya dibutuhkan desain interior dalam ruko yang dibuat senyaman mungkin
bagi pengunjung, untuk meminimalisir pengeluaran maka untuk pembuatan desain
interior saya cukup merencanakan sendiri dan meminta bantuan teman yang cukup
paham tentang desain. Kemudian peralatan lainnya yang dibutuhkan adalah
peralatan, seperti meja dan kursi, alat-alat penyedia wifi, mesin pembuat kopi,
cangkir, termasuk bahan-bahan pembuat menu dan lain sebagainya. Tahap terakhir
adalah penyediaan wifi melalui provider, dan rak buku yang berisi beberapa buku
yang memungkinkan pengunjung untuk dapat membaca di dalam ruangan. Keberadaan
rak buku ini akan menjadi tolak ukur apakah dimungkinkan untuk membuat toko
buku didalam kedai kopi ini atau tidak, hal ini akan disesuaikan dengan minat
baca dari para pengunjung yang datang. Maka berikut ini adalah estimasi biaya
yang mungkin dikeluarkan untuk usaha kedai kopi ini :
Modal
- Sewa Ruko 2 lantai : ≥ Rp. 300.000.000 / tahun
- Desain Interior : ≥ Rp. 5.000.000
- Peralatan : ≥ Rp. 80.000.000
- Wifi : ≥ Rp. 2.500.000 / bulan
______________________ +
*Total Modal Awal : ≥ Rp. 387.500.000
*bisa saja melenceng jauh karena biaya ini hanya berdasarkan estimasi
dan disesuaikan dengan harga saat ini.
Hasil
Jika setiap pengunjung yang datang mengeluarkan uang paling sedikit Rp.
20.000 setiap datang ke kedai kopi ini dan minimal pengunjung yang
datang setiap harinya adalah sebanyak 50 orang, maka perhitungan
estimasi hasil yang didapatkan adalah sebagai berikut:
(1). 50 * 20.000 = Rp.1000.000, dengan demikian minimal hasil yang
didapatkan selama 30 hari atau setiap bulannnya adalah (2). 30 *
1000.000 = Rp. 300.000.000, dan hasil per tahunnya adalah (3). 12 *
300.000.000 = Rp. 3.600.000.000 / tahun, belum termasuk perhitungan
pengeluaran untuk biaya wifi kepada povider serta biaya bahan dan administrasi lainnya.
● Lokasi
Untuk lokasi penyewaan ruko, saya memilih ruko
yang berada di tempat yang strategis dan cukup ramai. Selain itu, diusahakan
lokasi ruko ini berada diantara ruko-ruko lain yang juga memiliki pengunjung
yang cukup ramai dengan usaha yang berbeda. Dengan demikian, kemungkinan
ramainya pengunjung serta banyaknya pengunjung yang melihat keberadaan ruko ini
lebih banyak.
● Perekrutan Tenaga Kerja
Perekrutan tenaga kerja untuk kedai kopi ini akan saya
batasi sebanyak 8 orang untuk awal dimulainya usaha, pembagiannya antara lain 3
orang mengurus dapur, 3 orang melayani tamu dan mengangkat peralatan-peralatan
kotor di meja tamu, 1 orang membersihkan kedai, dan 1 orang sebagai kasir.
Tahap-tahap perekrutan antara lain dengan melihat ijazah terakhir karena
seseorang dengan nilai yang baik memiliki kemungkinan untuk bekerja lebih rajin
dan lebih ulet, setelah itu mewawancarai tentang seberapa penting pekerjaan ini
untuk dirinya, dan seberapa dia ingin untuk mendapatkan pekerjaan ini, sehingga
semakin penting pekerjaan ini untuknya maka semakin sulit juga dirinya untuk
meninggalkan pekerjaan ini.
Karena demi keberlangsungan usaha ini keberadaan tenaga
kerja sangatlah penting dan dibutuhkan, tidak mungkin pemilik dapat mengurus
semua seorang diri, setidaknya pemilik hanya mengawasi dan mengurusi
pengeluaran serta pemasukkan dari kedai kopi ini.
No comments:
Post a Comment